Pemerintahan
Selasa, 20 Desember 2016 - 15:54:09 | purwanto / Sorot Bantul

Proyek Ratusan Miliar, DPU Klaim Selesai Semua
Proyek Ratusan Miliar, DPU Klaim Selesai Semua
Space Iklan
Kantor Dinas Pekerjaan Umum Bantul

Bantul,(sorotbantul.com)--Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bantul mendapatkan anggaran hingga ratusan miliar rupiah selama tahun 2016. Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan konstruksi yang terbagi dalam 8 kelompok kegiatan baik pembangunan maupun pemeliharaan.

Menurut Sekretaris DPU Bantul, Edi Purwanto, total anggaran untuk 8 kegiatan pekerjaan kontruksi tersebut mencapai sekitar Rp 128,17 miliar. Pihaknya mengungkapkan, seluruh kegiatan sudah selesai dikerjakan dan tidak ada yang tertunda alias molor. 

“Semua pekerjaan sudah selesai dan sudah diserahkan semua. Tinggal pencairan tagihan tanggal 20 ini terakhir,” ungkap Edi Purwanto, Selasa (20/12/2016).

Edi Purwanto menegaskan, pekerjaan fisik di DPU Bantul dilakukan dengan sistem Kontrak Unit Price sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2000 Tentang Penyelenggaraan Jasa Konstruksi. Dengan aturan ini   maka pembayaran yang dilakukan oleh pemerintah ke pihak ketiga dihitung sesuai dengan volume pekerjaan yang sudah diselesaikan. 

“Untuk pekerjaan fisik memang menggunakan Kontrak Unit Price semua. Pembayarannya sesuai dengan volume yang dikerjakan,” tegasnya. 

Sementara itu dari 8 kegiatan selama 2016 tersebut anggaran terbesar terletak pada rehabilitasi dan peningkatan jalan senilai Rp 54,5 miliar.

Proyek tersebut meliputi 28 ruas jalan yang tersebar di 14 kecamatan di Bantul. Kemudian disusul di posisi kedua pada pembangunan jalan dan jembatan pedesaan dengan nilai kontrak sebesar Rp 28,6 miliar dengan pekerjaan peningkatan jalan poros desa di 13 kecamatan.

Berita Terkait :