Pemerintahan
Sabtu, 07 Januari 2017 - 06:27:26 | purwanto / Sorot Bantul

Dewan Desak Bupati Segera Ganti Camat Pajangan
Dewan Desak Bupati Segera Ganti Camat Pajangan
Space Iklan
Warga Kecamatan Pajangan mengadu DPRD Bantul

Bantul,(sorotbantul.com)--Sejumlah anggota DPRD Bantul yang duduk di Komisi A dan unsur fraksi menyatakan mendukung aspirasi yang disampaikan warga Kecamatan Pajangan yang meginginkan penggantian camat terlantik. Warga memprotes kebijakan Bupati Bantul karena telah menempatkan seroang Camat dari kalangan non muslim.

Anggota Komisi A dari Fraksi Nasional Bintang Demokrat, Sapto Sarosa, mengungkapkan, sangat memahami ketidak nyamanan warga Pajangan yang mayoritas dari kalangan muslim. Mantan Kepala Desa Sendangsari ini bahkan ikut merasakan langsung suasana itu karena berdomisili di wilayah Pajangan.

“Saya tahu persis penduduk pajangan adalah mayoritas umat muslim, dari total jumlah penduduk 28.176 jiwa, 27.622 jiwa adalah umat muslim. Jadi tidak ada 1 persen pun umat dari kalangan non muslim. Saya seakat dengan warga untuk penggantian camat yang baru,” ungkap Sapto Sarosa, dijumpai usai menerima warga Pajangan, Jum’at (6/1) sore.

Ungapan senada disampaikan anggota Komisi A dari Fraksi PPP, Suwandi, yang menganggap penempatan camat non muslim di pajangan sebagai langkah tidak tepat. Di era pemerintahan bupati dua periode yang lalu, hal yang sama pernah terjadi dan warga juga menolak camat dari kalangan non muslim.

“Sebenarnya saya sudah merasakan ketika melihat kompoisi pelantikan pejabat beberapa waktu lalu. Ini sama saja membuat perkoro di Pajangan,” ujarnya.

Lebih tegas lagi, Ketua Komisi A, Amir Syarifuddin, mengatakan sangat sepakat dan 100 persen mendukung keinginan warga Pajangan. Ia mengaku banyak mendapat informasi dari warga yang menyatakan akan melakukan unjurasa jika camat yang baru tidak segera diganti. Amir berjanji akan langsung menghadap Bupati Bantul untuk menyelesaikan permasalahan ini. 

“Ini bukan masalah agama, tetapi kenyamanan warga dalam berkeyakinan. Senin besok saya akan langsung menghadap Bupati,” tegasnya.

Berita Terkait :