Pemerintahan
Senin, 09 Januari 2017 - 06:11:21 | purwanto / Sorot Bantul

Dewan Ragukan Keseriusan Pemkab Dalam Penertiban Reklame
Dewan Ragukan Keseriusan Pemkab Dalam Penertiban ReklameDewan Ragukan Keseriusan Pemkab Dalam Penertiban ReklameSejumlah papan reklame di simpang empat Ketandan

Bantul,(sorotbantul.com)--Wakil Ketua Komisi B DPRD Bantul, Setiya, mempertanyakan keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam melakukan pengawasan dan penertiban pemasangan reklame atau media informasi di sejumlah wilayah. Menurutnya, masih banya terjadi pelanggaran dalam pemasangan papan reklame tersebut.

Salah satu titik pelanggaran dalam pemasangan reklame adalah di Jalan Ringroad Timur tepatnya di simpang empat Ketandan Banguntapan. Di salah satu sudut persimpagan ini saja terdapat tiga titik pemasangan reklame yang jelas-jelas melanggar Perda Nomor 20 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Reklame dan Media Informasi.

“Kami berharap Pemkab segera menegakkan perda itu dengan serius. Salah satu semangat perda itu kan pembatasan papan reklame pada tiap persimpangan, sehingga awasi dengan benar dan tindak sesuai dengan regulasi,” ungkap Setiya, dihubungi Senin (9/1/2017).

Setiya menjelaskan, dalam Pasal 7 ayat 3 Perda Nomor 20 Tahun 2015 menjelaskan pemasangan papan reklame berjenis billboard dan megatron di setiap sudut persimpangan hanya dibatais 1 titik rerklame. Selain itu, di ayat 3 juga membatasi jarak reklame berjenis billboard dan megatron di luar persimpangan paling dekat 50 meter.

Namun kondisi yang ditemui di lapangan memperlihatkan penataan oleh Pemkab Bantul belum ditegakkan dengan baik. Untuk itu, pihanya mendesak Pemkab Bantul untuk segera mewujudkan penegakan Perda Tentang Reklame dengan benar.

“Kami minta Pemkab Bantul segera menindaklanjuti. Toh di APBD 2017 target pajak reklame sudah diturunkan dari 2 Miliar menjadi 1 Miliar,” tandasnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS