Pemerintahan
Senin, 09 Januari 2017 - 06:58:12 | purwanto / Sorot Bantul

Puluhan Carik Hasil Seleksi Pamong Bakal Jadi PNS
Puluhan Carik Hasil Seleksi Pamong Bakal Jadi PNS
Space Iklan
Bupati Bantul, Suharsono

Bantul,(sorotbantul.com)--Sebanyak 26 orang Carik (Sekretaris Desa) hasil seleksi pamong beberapa waktu lalu dipastikan bakal diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengangkatan mereka menjadi PNS Golongan 2A itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2007 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekretaris Desa Menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Jumlah total Carik di Kabupuaten Bantul sendiri sebanyak 75 orang carik di seluruh desa yang ada dengan komposisi 26 orang dalam proses pengangkatan menjadi PNS dan 14 orang sudah berstatus PNS. Sedangkan 35 orang carik tidak dilakukan pengangkatan karena merupakan carik lama dan tidak masuk dalam kategori yang dimaksud dalam Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2007.

“Sesuai dengan PP Nomor 45 Tahun 2007 maka 26 carik yang baru dari hasil seleksi pamong kemarin akan kita usulkan untuk diangkat menjadi PNS,” ungkap Bupati Bantul Suharsono, Senin (9/1/2017).

Dijelaskan, Dalam PP tersebut dinyatakan, carik yang berhak menjadi PNS adalah carik yang diangkat sampai 15 Oktober 2004 dan masih bertugas hingga keluarnya PP Nomor 45 Tahun 2007. Selain menetapkan syarat masa kerja, PP itu juga mensyaratkan, carik yang bisa diangkat menjadi PNS adalah yang berusia maksimal 51 tahun terhitung pada 15 Oktober 2006.

Sebelumnya, Bupati telah mengumpulkan para Kepada Desa beserta Carik di Bantul untuk membicarakan rencana Pemkab dalam pengangkatan 26 carik menjadi PNS. Menurut Suharsono, pengangkatan 26 carik menjadi PNS itu sudah menjadi wewenangnnya, namun   ia ingin menerima masukan dan tanggapan dari yang bersangkutan.

“Saya tidak ingin otoriter, sehingga mereka semua saya kumpulkan, para kades dan carik untuk mengetahui tanggapan mereka. Setelah diangkat jadi PNS mereka masih menjabat sebagai carik,” tandasnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS