Ekonomi
Selasa, 10 Januari 2017 - 04:37:59 | purwanto / Sorot Bantul

Setahun Cuma 12 Tenaga Kerja Asing yang Bayar Retribusi
Setahun Cuma 12 Tenaga Kerja Asing yang Bayar Retribusi
Umaryati Purwaningsih

Bantul,(sorotbantul.com)--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bantul, mencatat, pada awal 2017 ini terdapat 120 tenaga kerja berasal dari luar negeri yang bekerja di perusahaan di Bantul. Setiap tenaga kerja asing yang bekerja di wilayah Bantul wajib memiliki Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) dan wajib melapor ke Disnakertrans.

Menurut Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Bantul, Umaryati Purwaningsih, sebanyak 120 tenaga kerja asing tersebut wajib membayarkan Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) ke pemerintah daerah tempat mereka bekerja. Meski terdapat banyak tenaga kerja asing yang bekerja di wilayah Bantul, namun tidak banyak yang membayarkan retribusi ke Pemkab Bantul.

“Total ada 120 tenaga kerja asing di Bantul, tetapi yang membayarkan retribusinya ke sini hanya 12 orang. Sedangkan sisanya membayarkan ke provinsi karena kebanyakan mereka bekerja di dua wilayah kabupaten dalam satu provinsi. Aturannya seperti itu,” ungkap Umaryati Purwaningsih, Senin (9/1/2017)

Ia menjelaskan, tenaga kerja asing yang bekerja di satu kabupaten akan membayarkan retribusi kepada pemkab di daerah penempatan kerja. Sedangkan untuk tenaga asing yang bekerja di beberapa wilayah kabupaten dalam satu wilayah provinsi, maka pembayaran retribusi dilakukan di pemerintah provinsi.

Ketentuan itu, lanjut Umaryati, terdapat dalam Permen Nakertrans Nomor 12/ 2013 tentang tata cara penggunaan tenaga asing. Adapun besaran retribusi untuk tenaga asing yang bekerja di Kabupaten Bantul adalah sebesar 100 Dolar Amerika/bulan untuk setiap tenaga kerja asing dan dibayarkan setahun sekali.

“Dari 12 orang tenaga kerja asing retribusi yang masuk sebesar 14.400 Dolar Amerika,” jelasnya.

Berita Terkait :