Sosial
Rabu, 11 Januari 2017 - 12:57:47 | purwanto / Sorot Bantul

Ratusan KK Masuk Daftar Tunggu Transmigrasi
Ratusan KK Masuk Daftar Tunggu TransmigrasiRatusan KK Masuk Daftar Tunggu TransmigrasiCalon tranmigran asal Bantul (foto dokumen sorot)

Bantul,(sorotbantul.com)--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrai (Disnakertrans) Kabupaten Bantul menilai, minat warga untuk mengikuti program transmigrasi cukup tinggi. Hingga awal tahun 2017 ini, Disnakertrans mencatat sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) masuk dalam daftar tunggu program transmigrasi tersebut.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Bantul, Umaryati Purwaningsih, menjelaskan, 200 KK tersebut tersebar hampir di 17 kecamatan yang ada. Pihaknya akan memberangkatkan KK dalam daftar tunggu tersebut dengan memprioritaskan keluarga dari kalangan kurang mampu dan yang tidak memiliki rumah tinggal.

“Memang minat dari warga cukup tinggi karena sampai sekarang masih banyak yang masuk di daftar tunggu. Semua akan kita berangkatkan tetapi kita sesuaikan dengan kuota yang diberikan oleh Provinsi,” ungkap Umaryati, dihubungi Rabu (11/1/2017).

Dijelaskan lebih lanjut, pada tahun 2016 kabupaten bantul memberangkatkan sekitar 60 KK untuk bertransmigrasi ke beberapa daerah tujuan. Sedangkan untuk kuota pemberangkatan transmigrai pada awal tahun ini Kabupaten Bantul mendapatkan jatah sebanyak 15 KK.

Meski demikian, Umaryati menyebut, kuota untuk pemberangkatan transmigrasi masih dimungkinkan bertambah karena kuota yang diberikan dari provinsi juga selalu berubah. Sementara itu untuk daerah tujuan transmigrasi asal Bantul sendiri meliputi Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sumatera Selatan dan Riau.

“Para transmigran yang terpilih nantinya, merupakan keluarga yang benar-benar siap untuk transmigrasi. Selain punya tekad untuk memperbaiki kehidupan ekonominya, mereka juga harus mau bekerja keras di daerah tujuan,” tandasnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS