Pemerintahan
Rabu, 11 Januari 2017 - 18:08:05 | purwanto / Sorot Bantul

FKUB Bantul Netral, Nilai Penempatan Camat Pajangan Tak Masalah
FKUB Bantul Netral, Nilai Penempatan Camat Pajangan Tak MasalahFKUB Bantul Netral, Nilai Penempatan Camat Pajangan Tak MasalahKetua FKUB Bantul, Yasmuri (Foto Istimewa)
Bantul,(sorotbantul.com)--Menanggapi gejolak yang terjadi di tengah masyarakat Kecamatan Pajangan menyusul penempatan Camat dari kalangan non muslim, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bantul, bersikap netral dan tidak memihak salah satu golongan atau agama tertentu.
 
Dihubungi Rabu (11/1/2017), Ketua FKUB Bantul, Yasmuri, mengatakan, permasalahan yang muncul di Pajangan berawal dari pendirian Gereja Santo Yakobus Alfeus di Padukuhan Kamijoro, Sendangsari, Pajangan. Berawal dari permasalahan tersebut, sebagian warga akhirnya juga melakukan penolakan terhadap camat dari kalangan non muslim.
 
“Sebenarnya masalah di Pajangan itu kan sebelumnya ada kasus Gereja itu, kalau tidak ada kasus itu saya kira juga tidak ada masalah dan mestinya tidak seperti itu. Kemudian dari sisi pemerintah pun mestinya melihat kasus-kasus seperti itu,” ungkap Yasmuri, Rabu siang.
 
Menurutnya, penempatan Camat Pajangan dari kalangan non muslim oleh Bupati bukan merupakan suatu permasalahan dan tidak melanggar hukum. Terlebih, negara juga menjamin setiap warga negaranya untuk memeluk agama yang diyakini.
 
Mengingat permasalahan itu juga sudah disampaikan langsung ke Bupati Bantul, FKUB menyerahkan sepenuhnya ke Bupati untuk penyelesaian permasalahan tersebut. Selanjutnya, FKUB menghimbau agar seluruh umat beragama di wilayah Pajangan untuk tidak melakukan perbuatan anarkis dan mengedepankan musyawarah untuk menyelesaikan masalah.
 
“Saya kira kalau sudah diberikan solusi oleh Bupati ya masyarakat harus menerima. Saya juga menghimbau kepada masyarakat, kalau terdapat masalah, selesaikan dengan cara-cara yang baik dan   jangan sampai terjadi hal-hal yang anarkis,” ucapnya.

 

Berita Terkait :


HOT NEWS