Sosial
Kamis, 16 Februari 2017 - 08:14:00 | purwanto / Sorot Bantul

Cegah Peredaran Miras, Warga Bentuk Satgas Anti Narkoba di Tingkat Desa
Cegah Peredaran Miras, Warga Bentuk Satgas Anti Narkoba di Tingkat Desa
Space Iklan
Pertemuan anggota relawan kamtibmas Desa Bantul

Bantul,(sorotbantul.com)--Kasus minuman keras (miras) oplosan maut di Padukuhan Kurahan, Desa Bantul, menjadikan keprihatinan komunitas warga yang tergabung dalam relawan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) Desa Bantul. Melalui pertemuan yang digelar pada Rabu (15/2) malam di Padukuhan Tegaldowo, relawan kamtibmas akan membentuk paguyuban jaga warga yang bertugas sebagai satgas pengawasan terhadap peredaran miras dan narkoba di masyarakat.

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Bripka Winardi mengatakan, kesadaran sebagian masyarakat terhadap bahaya mengkonsumsi miras dan narkoba masih rendah. Banyak warga yang masih menganggap miras ataupun narkoba sebagai bagian dari haya hidup. Tanpa mereka sadari, sesungguhnya miras dan narkoba merupakan racun yang merusak tubuh dan mengancam nyawa.

“Mensikapi kejadian kasus korban oplosan di Kurahan kemarin, kami komunitas medsos relawan kamtibmas Desa Bantul sangat prihatin. Dengan ini kami tidak akan tinggal diam, kami akan melakukan aksi nyata untuk bergerak dalam memerangi miras dan narkoba, khususnya di Desa Bantul,” ungkap Bripka Winardi, Rabu malam.

Ia mengatakan, dalam pertemuan relawan kamtibmas itu tercapai kesepakatan untuk pembentukan paguyuban jaga warga. Sistem keamanan jaga warga ini sudah diatur dalam Peraturan Gubernur DIY Nomor 9/2016 Tentang Jaga Warga yang bertujuan untuk mewujudkan fungsi keterlindungan masyarakat di tingkat desa dan padukuhan.

Bripka Winardi mengatakan, masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat diharapkan bisa bergabung dalam komunitas itu. melalui paguyuban ini semua anggota diminta proaktif dalam pengawasan keamanan lingkungan termasuk melaporkan jika mengetahui adanya peredaran miras dan narkoba.

“Paguyuban ini semacam satgas anti narkoba di Desa Bantul dan nanti kita bareng-bareng melakukan pengawasan. Ketika ditemui ada kegiatan yang mengancam kamtibmas, apalagi peredaran miras dan narkoba, maka kita akan datangi bersama-sama dengan melibatkan pihak kepolisian,” tandasnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS