Sosial
Jumat, 17 Februari 2017 - 12:40:13 | purwanto / Sorot Bantul

Tak Punya Gudang Logistik, BPBD Harus Sewa Gedung Bekas SD
Tak Punya Gudang Logistik, BPBD Harus Sewa Gedung Bekas SD
Gedung Sekolah Dasar tak terpakai jadi Gudang BPBD

Bantul,(sorotbantul.com)--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul tak memiliki gudang khusus untuk menyimpan logistik. Sejumlah logistik untuk kepentingan kemanusiaan hanya teronggok di depan Kantor BPBD dan sebagian disimpan di sela-sela ruangan kantor staf.

Pelaksana Harian Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto menyampaikan, kondisi tersebut lantaran minimnya perhatian pemerintah daerah kepada lembaga kemanusiaan ini. Pihaknya sudah beberapa kali mengajukan peminjaman aset daerah yang sudah tidak terpakai ke Pemkab Bantul. Namun, sampai sejauh ini belum ada respon positif.

“Idealnya BPBD itu memang harus memiliki gudang logistik, kalau saya minta bantuan ke BNPB itu selalu dicek ada gudangnya atau tidak. Saya pernah minta bekas kantor-kantor yang sudah kosong, katanya sudah tidak ada. Padahal kan masih banyak. Makanya saya upaya sendiri saja,” ungkap Dwi Daryanto, Jumat (17/2/2017).

Untuk menyimpan sejumlah logistik yang ada di BPBD, Dwi menyebut, telah menyewa gedung bekas Sekolah Dasar (SD) Karasan yang terletak sekitar 500 meter dari lokasi Kantor BPBD. Gedung yang sudah tidak terpakai itu kemudian dimanfaatkan sebagai gudang BPBD dengan sistem pinjam pakai ke pihak Desa Palbapang.

“Untuk pemanfaatan gedung SD itu kita sistemnya pinjam pakai, kita sewa ke desa. Makanya untuk 2018 nanti akan saya anggarkan khusus untuk sewa gudang itu,” tegas Dwi.

Beberapa logsitik yang sudah mulai dipindah ke gudang tersebut diantaranya, bronjong, tenda, tandon air, kapal untuk evakuasi dan peralatan dapur umum beserta logistik bahan makanan. Gudang penyimpanan logistik ini penting, agar logistik tidak rusak terkena panas dan hujan. Selain itu, untuk menjaga kualitas logistik makanan dan supaya peralatan tidak cepat rusak.

Berita Terkait :