Peristiwa
Jumat, 17 Februari 2017 - 20:26:25 | purwanto / Sorot Bantul

Aksi Bersih-Bersih, Wabup Bantul Punguti Sampah di Pantai Goa Cemara
Aksi Bersih-Bersih, Wabup Bantul Punguti Sampah di Pantai Goa Cemara
Wabup Abdul Halim Muslich mengikuti gropyok sampah di Pantai Goa Cemara Kecamatan Sanden

Sanden,(sorotbantul.com)--Massa berjumlah ratusan mengikuti kegiatan gropyok sampah di Pantai Goa Cemara, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, pada Jumat (17/2/2017) pagi. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, yang jatuh setiap tanggal 21 Februari.

Sekitar 300 orang peserta terdiri dari anggota Pokdarwis setempat, kelompok Resimen Mahasiswa, serta kelompok Pramuka. Bahkan, Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih juga ikut bergabung dengan kelompok massa ini untuk memunguti sampah yang mengotori lokasi pantai.

Dari catatan Dinas Lingkungan Hidup Bantul, sedikitnya 14 ton sampah diangkut dari sepanjang kawasan pantai selatan. Berbagai jenis sampah mulai dari sampah plastik hingga sampah organik yang berasal dari banjir kiriman itu kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Piyungan.

“Sampah pesisir per hari bisa sampai 14 ton. Bukan saja tidak sedap dipandang mata, tetapi juga mempengaruhi kesehatan masyarakat. Sampai saat ini sampah masih menjadi masalah besar   baik di daerah maupun nasional,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Masharun Ghazali, Jumat siang.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan, sampah menjadi sebuah persoalan yang tidak bisa dianggap enteng. Untuk itu, perlu perhatian serius dari semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan sampah itu.

“Kawasan Kabupaten Bantul harus bersih dan sehat, sampah ini kan tidak bisa kita anggap ringan, karena kan budaya manusia, dengan gropyok sampah akan kita jadikan satu momentum penting untuk menciptakan Bantul bebas sampah pada 2019,” ucapnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS